Sunday 26 October 2014

Berbagai macam Protokol (Protokol Streaming)

1.Protokol RTMP
Real Time Messaging Protocol (RTMP) awalnya merupakan protokol khusus yang dikembangkan oleh Macromedia untuk Streaming audio, video dan data melalui Internet, antara flash player dan server. Macromedia sekarang dimiliki oleh Adobe , yang telah merilis versi lengkap dari spesifikasi protokol untuk kepentingan umum.
Bagan Protokol RTMP
Performances Adobe RTMP: load and stress testing
Protokol RTMP memiliki beberapa variasi:
  1. Protokol "polos" yang bekerja di atas dan menggunakan TCP nomor port 1935 secara default.
  2. RTMPS yang RTMP melalui TLS / SSL koneksi.
  3. RTMPE yang RTMP dienkripsi menggunakan mekanisme keamanan Adobe sendiri. Sementara rincian dari penerapan tersebut adalah proprietary, mekanisme menggunakan standar industri primitif kriptografi. 
  4. RTMPT yang dikemas dalam HTTP permintaan untuk melintasi firewall. RTMPT sering ditemukan memanfaatkan permintaan cleartext pada TCP port 80 dan 443 untuk memotong sebagian perusahaan penyaringan lalu lintas. Sesi dikemas dapat membawa polos paket RTMP, RTMPS, atau RTMPE dalam.

  1. RTSP ( Real Time Streaming Protocol ) , protocol ini sangat banyak digunakan oleh industri pengembang teknologi streaming media , hingga saat ini untuk player media pada Hanphone dan Smarphone telah terintegrasi dengan protocol RTSP ini . Player media pada handphone dan smartphone yang terintegrasi dengan protocol RTSP seperti pada vendor handphone dan Smarphone , baik berbasis Java J2ME , Symbianmaupun Android yang telah bergabung dengan project Helix Player DNA yang merupakan produk yang dikembangkan oleh RealNetworks telah mampu memutar streaming media dengan Format RA, RV, RM, H264/AAC, H263/AMR, MPEG-4/AAC dan MPEG-4/AMR secara langsung.Dua protokol yang mendukung berjalannya video streaming yaitu:
-Transport Protocol yang menyediakan konektivitas secara end-to-end di jaringan untuk aplikasi streaming. Transport protocol terbagi menjadi User Datagram Protocol (UDP) dan Transmission Control Protocol (TCP).
-Session Control Protocol yang mendefinisikan pesan dan prosedur untuk mengatur pengiriman data dari multimedia selama session terbentuk. Yang termasuk Session control protocol adalah Real-Time Protocol (RTP)Real- Time Streaming Protocol (RTSP), dan Real-Time Control Protocol (RTCP).
Bagan Protokol MMS / RTSP


 koneksi Unicast memerlukan beberapa sambungan dari server streaming yang sama bahkan ketika aliran konten yang sama




2.Protokol IGMP (Internet Group Management Protocol)
Internet Group Management Protocol (IGMP) adalah protokol komunikasi yang digunakan oleh host dan berdekatan router pada jaringan IP untuk membentuk keanggotaan grup multicast. IGMP merupakan bagian integral dari IP multicast .
IGMP dapat digunakan untuk satu-ke-banyak aplikasi jaringan seperti secara online video streaming dan gaming , dan memungkinkan lebih efisien penggunaan sumber daya ketika mendukung jenis aplikasi.
Bagan Protokol IGMP
IGMP contoh arsitektur

4.Protokol HTTP (Hyper Text Transfer Protokol)
HTTP berkomunikasi melalui TCP / IP. Klien HTTP terhubung ke server HTTP menggunakan TCP. Setelah membuat sambungan, klien dapat mengirim pesan permintaan HTTP ke server. HTTP digunakan untuk mengirimkan permintaan dari klien web (browser) ke web server, dikembali kan ke konten web (halaman web) dari server ke klien.


Bagan protokol HTTP
A basic schema of the Web client/server architecture



5. Protokol FTP (File transfer Protokol)
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.
Bagan Protokol FTP

FTP menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum pengiriman data dimulai. Sebelum membuat koneksi, port TCP nomor 21 di sisi server akan "mendengarkan" percobaan koneksi dari sebuah klien FTP dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur (control port) untuk (1) membuat sebuah koneksi antara klien dan server, (2) untuk mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server dan juga (3) mengembalikan respons server ke perintah tersebut. Sekali koneksi kontrol telah dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk mengirim data aktual yang sedang dipertukarkan saat melakukan pengunduhan dan penggugahan.

6. Protokol RTP
Real-time Transport Protocol (RTP, kadang-kadang jarang disebut sebagai RTTP) mendefinisikan format paket standar untuk memberikan audio dan video melalui jaringan IP. RTP digunakan secara luas dalam komunikasi dan hiburan sistem yang melibatkan media streaming , seperti telepon , video yang teleconference aplikasi, layanan televisi dan berbasis web push-to-talk fitur.
Bagan Protokol RTP
RTP digunakan bersama dengan RTP Control Protocol (RTCP). Sementara RTP membawa media stream (misalnya, audio dan video), RTCP digunakan untuk memantau statistik transmisi dan kualitas layanan (QoS) dan alat bantu sinkronisasi beberapa aliran. RTP adalah salah satu fondasi teknis Voice over IP dan dalam konteks ini sering digunakan dalam hubungannya dengan protokol signaling seperti Session Initiation Protocol (SIP) yang membantu dalam membuat koneksi seluruh jaringan.

Sumber :
Zurawski, Richard (2004). "RTP, RTCP dan RTSP protokol" . The industri teknologi
"Internet Protocol Management Group Ikhtisar" . • Javvin. Diperoleh 2010/11/18.
Vit Novotný, Dan Komosný, Skala Besar RTCP Umpan Optimization, Journal of Networks, Vol.3 (3), Maret 2008
"Real-Time Messaging Protocol (RTMP) spesifikasi" .
Mata kuliah : Pengembangan Teknologi Media dan Digital 
I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
ITB
( Nama : Andre Octavianus Sitepu & NIM : 1312006 ) 

1 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More